Periklanan menurut Kothler (2003;277) adalah segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar. Dalam dunia periklanan, mengkampanyekan sebuah produk adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kampanye periklanan atau advertising campaign adalah melakukan beberapa tahapan agar produk dapat diterima khalayak dengan baik dan tepat sasaran. Dalam dunia periklanan, sebuah kampanye memiliki kerangka dasar yang selalu jadi acuan dalam sebuah tim dan akan dijalankan dalam jangka waktu tertentu. Mulai dari menerima brief hingga mengembangkan strategi iklan yang akan dipakai untuk mencapai target pemasaran.
Dalam hal ini, tim dalam sebuah agency periklanan harus menyiapkan orang-orang yang sesuai dengan bidangnya antara lain Account Service atau Account Executive yang merupakan bagian terpenting dalam sebuah Advertising Agency. Mereka bertugas untuk menganalisa problem dari klien, dalam hal ini mereka mencoba menggali sebuah rencana yang diinginkan pihak klien lalu menyampaikan kepada tim kreatif, selanjutnya tim akan melakukan analisa dari segala aspek baik internal maupun eksternal sehingga memunculkan tujuan pasti dari sebuah kampanye periklanan. Strategic Planner, dalam hal ini mereka akan mengatur sebuah konsep dan strategi untuk mengkampanyekan iklan dari sebuah produk. Strategic Planner inilah yang selalu berdampingan dengan Account Service untuk mengembangkan strategi yang telah dibuat. Selanjutnya ada bagian Creative yang akan menerima brief dari Account Service dan Strategic Planner lalu menuangkan ide kreatif sesuai dengan strategi kampanye yang telah dibuat. Lalu ada Media Planner yang akan mengatur timeline serta budgeting sebuah kampanye periklanan. Ketika rencana kampanye periklanan ini sudah diterima dengan baik oleh klien, maka mereka sudah bisa menjalankan pembuatan kampanye sesuai strategi kreatif yang dihasilkan
Biasanya, sebuah kampanye periklanan menggunakan lintas media. Bisa melalui media cetak, online dan Radio Ad. Dalam sebuah kampanye periklanan yang harus menjadi perhatian adalah Target Audience. Karena tidak sedikit pula kampanye iklan yang tidak sesuai dengan target audience sehingga iklan tidak tepat sasaran.